cara menghapus custom search Blog di webmaster tool - Mencari Info

Latest

Inspirasi

cara menghapus custom search Blog di webmaster tool

Google Custom Search Blog

 Sering kali kita dihadapkan pada situasi yang menyebalkan saat berselancar di internet. Ketika saya menulis suatu kata kunci di browser, yang tampil justru laman google custom search engine. Dan itu sangat mengganggu Saya.
Saya melihat tautannya bukan lagi www.google.co.id namun menjadi https://cse.google.com. Halaman tersebut merupakan tautan Google custom. Saya mencoba merubah setelan pada Google Chrome, browser yang Saya gunakan saat itu dan menjadikan Google sebagai beranda.
Namun cara tersebut ternyata tidak merubah keadaan. Sampai akhirnya Saya menggunakan handphone untuk browsing mencari solusinya. Untuk itulah hari ini Saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menghilangkan Custom Search pada Google Chrome.
Inilah penampakan dari google custom search/Google CSE dari Blog :

Apakah Google Custom Search Engine Blog?

Google Custom Search (sebelumnya dikenal sebagai Google Co-op) adalah platform yang disediakan oleh Google yang memungkinkan pengembang web untuk menampilkan informasi khusus dalam pencarian web.
Jadi Google custom ini memang sengaja diprogram untuk menampilkan informasi atau artikel dari pemilik web atau blog tertentu.
Biasanya ada hubungannya dengan SEO. Sehingga menjadikan blog atau situsnya lebih mudah dijangkau pengguna. Bukan cuma itu, traffic menjadi target utamanya.
Kembali muncul pertanyaan,
Siapa saja yang dapat membuat Google Custom Search Blog?
Siapapun bisa, termasuk Anda yang mempunyai blog atau web. Dalam kesempatan berikutnya Saya akan menjelaskan untuk Anda bagaimana cara membuat Google Custom Search Engine pada WordPress.
Kembali ke pokok bahasan,
Bagaimana Cara Menghilangkan Tautan Google Custom Search pada Blog Anda ?
Baiklah Saya akan menjelaskannya sekarang, simak baik-baik.
Cara ini sebetulnya sangat mudah saja dilakukan, hanya tinggal merubah beberapa settingan pada Webmaster Tool. 

cara menghapus custom search Blog di webmaster tool

Ganti beranda, menggunakan halaman Google atau halaman lainnya yang Anda suka.
Langkah pertama adalah, masuk ke Webmaster tool anda, klik sumber daya lainnya pada anak panah merah. lihat gambar dibawah ini.

Kemudian anda akan tab sumber daya lainnya, pilihlah tab penelusuran khusus (custom search) seperti gambar dibawah ini.
Lalu anda tekan tombol pada tanda anak panah tersebut, lalu klik select di bawah Edit search engine,terus pilih All.lihat gambar dibawah ini

Setelah Anda klik select All, maka akan tampilan pada gambar dibawah ini, Setelah itu klik Custom search Blog anda yang ingin anda hapus,Lalu klik delete pada tanda lingkaran tersebut.


Lalu sekarang cek pada tampilan Blog anda, Sekarang Blog Custom search anda sudah kembali seperti semula, kalo masih belum jelas, bisa tulis komentar dibawah ini dan jangan lupa subscribe ya.


No comments:

Post a Comment